Ketika Segalanya Tampak Suram

| Minggu, Februari 05, 2017 |
Kisah Para Rasul 12:5 "Demikianlah Petrus ditahan di dalam penjara. Tetapi jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah."

Kisah Para Rasul 12 dibuka dengan sebuah skenario suram. Yakobus telah dieksekusi mati. Petrus dipenjarakan oleh Raja Herodes dan sedang menanti gilirannya untuk dieksekusi. Tetapi kemudian kita membaca bahwa "jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah" (ayat 5). Para jemaat turut memikirkannya dan mulai berdoa. Maka kemudian Allah mengutus seorang malaikat untuk membebaskan Petrus dari penjara, dan kisah ini berakhir bahagia.

Kemudian seperti yang dicatat di akhir Kisah Para Rasul 12, Raja Herodes, yang menjadi dalang peristiwa ini, memberi pidato besar di hadapan rakyatnya, tetapi mereka mulai bersorak membalasnya, "Ini suara allah dan bukan suara manusia!" (Ayat 22). Allah pun menghukum Herodes dan ia mati seketika itu juga.

Cerita ini dimulai dengan Herodes yang memegang tampuk kekuasaan, lalu Petrus dijebloskan ke penjara, dan kemudian iblis menang. Tetapi di akhir cerita, Herodes mati, Petrus dibebaskan, dan Firman Tuhan menang. Hal ini menunjukkan mengapa kita harus selalu ingat untuk berdoa. 

Mungkin saat ini Anda tengah menghadapi skenario kehidupan yang suram. Mungkin Anda menerima kabar buruk dari dokter atau menghadapi situasi sulit di tempat kerja. Mungkin ada satu masalah dalam keluarga Anda. Mungkin situasi menjadi kian buruk dan buruk dan Anda tak tahu apa yang harus diperbuat. Doakan hal itu. Minta bantuan teman-teman Kristen Anda untuk mendoakan pergumulan ini bersama-sama dengan Anda. Bawa permasalahan Anda ke hadapan Allah, sebab bersama-Nya segala sesuatu mungkin. Ia dapat menggunakan situasi yang tak mungkin lalu mengubahnya menjadi alat bagi kemuliaan nama-Nya.

Di awal kitab Ester, segalanya tampak suram juga. Saat itu tinggal Haman, seorang pembesar di kerajaan Persia yang diberi kuasa penuh oleh sang raja, ia membantai orang-orang Yahudi. Tetapi mereka berdoa sehingga Allah turut campur tangan menolong mereka. Bagaimana akhir ceritanya? Orang-orang Yahudi diselamatkan, dan Haman dihukum mati. Jadi, jangan menyerah di dalam situasi sulit sekali pun.


Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 34-35; Matius 22:23-46


Ia dapat menggunakan situasi yang tak mungkin lalu mengubahnya menjadi alat bagi kemuliaan nama-Nya
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top