Tiga Cara Tuhan Ikut Menanggung Rasa Sakit Anda

| Sabtu, Desember 24, 2016 |
Mazmur 34:18 "TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya."

Saya tidak tahu apa kepedihan yang Anda rasakan di Natal ini. Saya pun tak tahu apa yang menyebabkan kepedihan Anda. Tapi saya percaya Tuhan tahu itu. 

Tuhan bukan kuasa yang nun jauh di sana. Ia juga bukan Tuhan yang tak punya perasaan. Alkitab mengajarkan bahwa Tuhan tahu tentang rasa sakit kita. Dan Ia bukan hanya peduli dengan rasa sakit kita, tapi Ia juga ikut merasakannya, bahkan sama-sama menanggungnya. Alkitab mengatakan, "TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya." (Mazmur 34:18).

Saya percaya ini meski saya tidak tahu apa-apa tentang rasa sakit Anda. Mengapa? Sebab saya kenal Tuhan. Dan saya kenal Trinitas – Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Setiap bagian dari Trinitas aktif bekerja dalam hidup Anda saat Anda menghadapi masa-masa sulit. 

Pertama, Bapa surgawi turut berbagi kepedihan Anda.

Allah mengerti dan ikut berbagi rasa sakit Anda karena Ialah Sang Pencipta Anda. Dialah yang memberi Anda kemampuan untuk mengatasi rasa sakit dan juga kegembiraa Anda. Alkitab mengatakan: "Dia yang membentuk hati mereka sekalian, yang memperhatikan segala pekerjaan mereka" (Mazmur 33:15). Allah mengerti perasaan kita karena Ia adalah Tuhan yang punya perasaan. Satu-satunya alasan mengapa Anda memiliki berbagai macam perasaan yaitu karena Anda diciptakan seturut dengan gambar Allah. Apabila Allah tak memiliki perasaan atau emosi, maka Anda pun tak memilikinya.

Kedua, Yesus memahami rasa sakit Anda.

Yesus memahami rasa sakit Anda karena Ia penah merasakannya. Dia juga pernah menderita. Dia pernah dikhianati, ditinggalkan, juga merasakan lelah - seperti Anda. Dia datang ke Bumi dan hidup sebagai manusia sepenuhnya. Dia mengalami segala sesuatu yang kita alami dalam rupa manusia. Alkitab mengatakan ini tentang Yesus, "Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita," (Ibrani 4:15a).

Ketiga, Roh Kudus berdoa untuk Anda ketika Anda mengalami rasa sakit.

Alkitab mengatakan, "Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan" (Roma 8:26).

Alkitab mengatakan bahwa ketika Anda terluka, Roh Kudus berdoa untuk Anda, mulai dari keluh tanpa kata-kata hingga rintihan kesakitan Anda. Dia mengerti luka Anda. Dia tahu apa yang Anda rasakan. Dan Dia sanggup mengubah perasaan-perasaan Anda itu menjadi doa.

Ketika Anda terluka, Anda tidak perlu melaluinya sendirian. Tuhan mengerti rasa sakit Anda karena Ia yang menciptakan seluruh perasan Anda. Yesus mengenal rasa sakit Anda dari pengalaman-Nya sendiri. Dan Roh Kudus turut berdoa untuk Anda.


Renungkan hal ini:

Tuhan tidak pernah meninggalkan Anda sendiri saat menghadapi rasa sakit Anda. Lalu, bagaimana Anda menanggapi kebenaran ini?

Apa rasa sakit yang telah Anda alami dimana Anda sulit untuk percaya bahwa Tuhan senantiasa menyertai Anda? Mengapa?

Siapa seseorang dalam kehidupan Anda yang perlu mendengar pesan ini? Bagaimana Anda bisa berbagi kabar sukacita ini kepada orang tersebut?


Bacaan Alkitab Setahun :
Zakaria 9; Wahyu 14


Tuhan mengerti rasa sakit Anda karena Ia yang menciptakan seluruh perasan Anda
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top